Penting! Berikut Tips Persiapan Mudik Sebelum Lebaran

Suryamedia.id – Lebaran 2024 kurang dari 2 minggu lagi. Mungkin, beberapa orang sudah mempersiapkan mudik atau pulang kampung ke halaman masing-masing.

Ada banyak alternatif transportasi yang bisa dipilih untuk mudik, mulai dari pesawat, kereta, bus, hingga mengendarai mobil atau motor sendiri bersama keluarga. Saat mudik, pengendara tak hanya mempersiapkan kondisi tubuh saja, namun juga kendaraan saat menempuh perjalanan.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut tips mempersiapkan perjalanan untuk mudik ke kampung halaman.

Siapkan kendaraan dan kebutuhan selama perjalanan

Cek mesin kendaraan beserta item lainnya seperti ban, aki, rem, wiper, oli, radiator, hingga lampu. Selain itu pastikan perlengkapan lain yang mungkin Anda butuhkan selama perjalanan seperti kotak P3K, konsumsi, pakaian untuk menginap dan sebagainya.

Perhatikan beban muatan

Muatan yang berlebihan bisa berdampak serius pada kelancaran perjalanan. Oleh sebab itu, pastikan Anda membawa barang yang penting-penting saja, dan tinggalkan barang yang tidak terlalu dibutuhkan selama pulang kampung. Selain itu, pastikan semua barang dalam keadaan terikat agar tidak berantakan saat kendaraan bergerak.

Baca Juga :   Merasa Jadi Sandwich Generation ? Ini Solusinya

Ketahui rute dengan baik

Tips selanjutnya, pastikan Anda mengetahui rute jalan ke kampung halaman dengan baik. Anda juga bisa menggunakan bantuan aplikasi maps untuk menemukan jalan pintas, pom bensin terdekat, hingga rest area.

Beristirahat sebelum perjalanan

Sebelum memulai perjalanan, istirahatlah dengan cukup dan pastikan tubuh dalam kondisi fit. Jika Anda mengeluhkan kondisi kesehatan, sebaiknya undur jadwal mudik hingga tubuh benar-benar siaga melakukan perjalanan jauh. Selain itu, selama perjalanan juga penting beristirahat yang cukup di rest area.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *