Hasil Laut Rembang Lesu di Masa Pandemi

Rembang, Suryamedia.id – Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM (Dinindakop UKM) Kabupaten Rembang mengatakan keberadaan laut dan pantai di Kota Garam menyumbang potensi peningkatan ekonomi daerah. Selain memanfaatkan tempat, hasil laut di Rembang pun cukup memiliki andil di kancah internasional.

Ahsanudin menyebutkan bahwa potensi tersebut salah satunya terbukti dari adanya sejumlah perusahaan yang mengolah hasil laut. Setidaknya ada 11 perusahaan yang berhasil melakukan pengiriman hasil laut dari Rembang ke China.

“Potensi perikanan di Rembang juga sangat bagus. Ini karena Rembang memilki pantai panjang. Sisi sektor perikanan ini sebelum pandemi cukup banyak.  Sekitar 11 penguasaha yang bisa ekspor ke Cina,” ungkapnya, Selasa (23/2/2021).

Baca juga: Tilang Elektronik, Jateng Pasang 27 ETLE dan Speedcam

Akan tetapi sejak kondisi pandemi Covid-19, lanjut Ahsan, banyak sektor yang akhirnya terdampak dan hanya menyisakan beberapa perusahaan saja yang masih melakukan kegiatan pengiriman ke China.

“Hanya pandemi. Rembang menyusut. Hanya ada satu-dua,” tambahnya.

Meski demikian, Dinindakopukm Rembang memberikan solusi dengan menggunakan strategi virtual untuk membantu memasarkan produk. Menurut Ahsan, langkah ini ia berharap dapat membantu pemasaran yang terkendala.

Baca Juga :   News Grafis : Digeledah Mabes Polri, Pelaku Reklamasi Pelabuhan Rembang Buka Suara

“Ini juga sama kita ajak Rembang ajak secara virtual. Situasi ini memang agak susah.  Meski kita dorong bermain di online tapi temen-temen gak maksimal ke sana.”

Baca juga: Fase Penyuntikan Vaksin Tahap II, Dinkes Blora Sasar 4.500 Orang

Ketidakmaksimalan ini akhirnya mendorong beberapa sektor yang lebih kecil dan terkendala permodalan akhirnya hanya melakukan kegiatan di ranah lokal saja dalam proses pemasaran.

“Semua terdampak.  Pabrik-pabrik ikan olahan juga beberapa nelayan juga turun drastis. Akhirnya mereka hanya bisa menjual ke pasar-pasar lokal.” (*)

Baca juga: Berdampak Positif, Pemerintah Perpanjang PPKM Mikro

 

Artikel ini telah tayang di Mitrapost.com dengan judul ‘Potensi Hasil Laut di Rembang yang Menyusut Saat Pandemi‘.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar