Tips Bisnis Hampers, Datangkan Cuan di Hari Raya!

Suryamedia.id – Saat bulan Ramadan, banyak orang mengirimkan bingkisan-bingkisan cantik kepada teman, sanak keluarga maupun kolega bisnis. Bingkisan tersebut biasanya disebut dengan hampers. Hampers bisa diisi oleh berbagai macam, mulai dari perlengkapan ibadah, camilan, maupun kue-kue kering yang ditata dan dibungkus dengan rapi.

Peningkatan permintaan pembuatan hampers ini memunculkan peluang bisnis yang menjanjikan. Tidak hanya dibutuhkan saat bulan Ramadan, hampers juga kerap kali dijadikan bingkisan di berbagai perayaan seperti ulang tahun, pertemuan bisnis, bahkan kado untuk orang-orang tersayang sebagai penjalin silaturahmi.

Berikut beberapa tips sebelum membuka bisnis hampers, dikutip dari Kompas.

Tentukan jenis hampers

Jenis dan isi hampers beragam sesuai momen yang dirayakan. Saat bulan Ramadan, anda bisa menentukan isian yang identik dengan bulan suci umat muslim ini, seperti hampers kue kering, kurma, sirup, hingga perlengkapan ibadah.

Selain menentukan jenisnya, anda juga perlu menyediakan produk jualan dengan berbagai ukuran yang dibedakan sesuai dengan paket-paketnya. Contohnya, Paket A berisi 3 toples kecil berisi coklat, Paket B berisi 5 toples kecil coklat, dan Paket C berisi 2 toples besar coklat dengan tambahan 1 botol sirup berukuran sedang.

Baca Juga :   Mahasiswa ITB Menjadi Illustrator Poster Turning Red Disney

Siapkan semua keperluan dan lakukan survei harga

Langkah selanjutnya, tentukan supplier dan desain kemasan untuk produk hampers anda. Pilihlah supplier yang menawarkan produk berkualitas dengan harga wajar di pasaran. Untuk kemasannya, anda bisa memberikan pilihan seperti paper bag, keranjang anyam atau box biasa dengan aksen pita sebagai wadah isian hampers. Catat seluruh pemasok beserta harga-harga barang yang ditawarkan, kemudian anda bisa memilih yang paling menguntungkan.

Hitung modal

Lakukan survei harga dari penjual-penjual yang menawarkan dagangan sejenis. Hal ini dilakukan untuk mengetahui perkiraan harga yang ada dipasaran. Selain itu, untuk menentukan harga, anda perlu menghitung semua biaya yang digunakan untuk membuat bingkisan. Dari perhitungan tersebut, anda bisa menentukan harga jual dengan menambahkan keuntungan yang anda kehendaki.

Kemas dengan cantik

Agar banyak orang tertarik dengan produk bisnis anda, kemas contoh hampers secantik mungkin. Anda bisa menambahkan ornament pita, bau-bauan dari parfum, freebies, hingga kartu ucapan yang anda desain sendiri. Sebelum mengunggahnya di media sosial, siapkan foto produk yang menarik dengan latar belakang dan visual yang memanjakan mata untuk menarik minat calon pembeli.

Baca Juga :   Manfaat Metode Pembayaran COD pada E-commerce

Pasarkan produk

Suatu hal yang paling penting dalam bisnis adalah pemasaran. Anda bisa membuka media sosial untuk mengunggah hasil foto hampers yang pernah anda buat. Selain foto, anda juga bisa memanfaatkan fitur live untuk melakukan promosi secara langsung kepada pengikut anda. Ada pula fitur video singkat berupa reels di Instagram dan fyp di TikTok. Buatlah konten yang informatif, yang berisi keunggulan produk, cara pemesanan, hingga promo-promo yang mungkin akan diperoleh oleh buyer saat membeli produk anda. Konten-konten seperti itu akan menaikan engagements pengguna sosial media terhadap akun anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *