Pemerintah Prioritaskan ASN Fresh Graduate Ditempatkan di IKN pada CPNS 2024

Suryamedia.id – Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2024 akan segera dibuka. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (PANRB) mengatakan bahwa seleksi kali ini akan diprioritaskan oleh fresh graduate dari universitas dan SMA.

Rencananya, jumlah kuota yang dibutuhkan untuk CPNS 2024 akan diumumkan pada bulan Januari bulan pertama. Ia juga menyampaikan pesan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) agar peserta yang lolos seleksi dan menjadi PNS nantinya diutamakan untuk di tempatkan di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan.

“Beliau minta fresh graduate yang hebat-hebat nanti salah satunya diberi ruang banyak di IKN,” ujar Anwar, dikutip dari CNN Indonesia.

Lebih lanjut, ia juga mengatakan bahwa pemerintah akan berfokus untuk merekrut peserta-peserta yang memiliki telenta digital untuk memenuhi kebutuhan di daerah.

“Tetapi talenta digitalnya bukan marketing digital seperti pinjaman online dan lain-lain, tapi lebih ke hulunya, misalnya digital di sektor pertanian,” katanya lebih lanjut.

Sebelumnya, Azwar juga mengungkap prioritas formasi CPNS Januari 2024 nanti. Tenaga guru dan kesehatan masih menjadi fokus pengadaan oleh pemerintah. Selain itu, calon hakim juga jadi salah satu kebutuhan paling banyak pada CPNS 2024 nantinya.

Baca Juga :   Jelang Ramadan, Dewan: Harga Terkendali Jika Kebutuhan Pokok Aman

“Pemerataan guru di daerah 3T (terdepan, terluar, tertinggal) menjadi salah satu fokus pengadaan di tahun depan. Pemerintah juga akan memberi afirmasi bagi guru non-ASN yang telah mengabdi di daerah 3T agar bisa diakomodir menjadi PPPK,” kata Azwar.

“Jadi setelah beberapa waktu sudah tidak ada formasi cakim secara besar-besaran, maka ini menjadi pertimbangan dari Kementerian PANRB untuk menyediakan formasi untuk calon hakim tahun 2024. Karena kekurangannya cukup banyak,” imbuhnya lagi. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *