Wajib Tahu! Berikut Tanda-tanda Penipuan Belanja Online

Oleh sebab itu, jika ada yang janggal, seperti kesalahan eja, tata bahasa yang salah, desain situs yang buruk, atau alamat usaha tidak ditemukan, maka Anda harus waspada dengan toko online tersebut.

Gambar produk tidak jelas

Saat Anda membuka situs belanja online, Anda akan dihadapkan pada berbagai pilihan produk melalui gambar yang diunggah oleh penjual. Sebelum membeli, tak ada salahnya Anda mengecek gambar produk dengan deskripsi yang ada. Gambar harus sesuai dengan deskripsi dan terlihat jelas atau tidak buram. Jika sebaliknya, Anda perlu waspada.

Pembayaran hanya melalui transfer

Memang wajar jika toko online memberlakukan pembayaran transfer sebelum produk dikemas. Namun, biasanya penjual juga menawarkan metode lainnya, seperti COD (cash on delivery) yang lebih aman.

Pasalnya, pembayaran transfer bisa jadi cara penipu untuk mendapatkan uang dari Anda sebelum barang dikirim. Ini lebih sulit bagi Anda mendapatkan kembali uang jika ada masalah dalam pembelian online.

Permintaan informasi pribadi

Penipu seringkali mengarahkan calon korban ke link situs untuk mengisi informasi pribadi, seperti data keuangan, password, atau detail identitas lainnya. Situs resmi tidak akan pernah meminta informasi sensitif melalui email atau link yang tidak terverifikasi.

Baca Juga :   Kata ‘Rizz’ Jadi Oxford Word of The Year 2023, Apa Artinya?

Penjual tidak memberikan nomor resi

Nomor resi dari layanan pengangkutan barang bermanfaat bagi pembeli yang ingin melakukan tracking barang yang dibelinya. Oleh sebab itu, jika penjual tidak mau mengirimkan nomor resi, Anda perlu curiga.

Tidak menampilkan review

Testimoni dan review pelanggan sering kali berguna untuk menentukan apakah online shop tersebut kredibel atau tidak. Jika Anda menemukan rating dan testimoni yang tidak ditampilkan, Anda harus waspada dan lebih baik mencari toko online lainnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Menarik Dibaca