Apa Itu BlueSky dan Bagaimana Membuatnya?

Suryamedia.id – Seruan Kominfo terkait rencana pemblokiran X (sebelumnya Twitter) pasca Elon Musk izinkan konten dewasa, membuat netizen Indonesia berbondong-bondong mencari platform lain untuk tetap berinteraksi. Salah satunya, yakni dengan bermigrasi dari X ke aplikasi BlueSky.

BlueSky sendiri merupakan platform media sosial berbasis teks mirip X atau Twitter. Platform ini dikembangkan oleh Jack Dorsey, pencipta Twitter. Diketahui, Jack Dorsey mengembangkan BlueSky sejak 2019, sebelum mundur dari jabatannya di Twitter pada tahun 2021 lalu.

Bagi Anda yang belum mengenal BlueSky, mungkin bertanya-tanya tentang aplikasi berlogo kupu-kupu berlatar biru cerah ini. Berikut kami rangkum beberapa hal yang perlu Anda tahu dari BlueSky, jadi simak penjelasan berikut!

Apa itu BlueSky?

BlueSky dikembangkan oleh perusahaan nirlaba, bertujuan untuk membangun media sosial baru yang ‘terbuka dan terdesentralisasi’. Dikutip dari bsky.social, platform ini merupakan aplikasi media sosial yang dirancang menggunakan AT Protocol yang sebelumnya digunakan oleh Twitter.

Dengan Toolbox ini, memungkinkan para pengguna BlueSky dapat berkomunikasi satu sama lain menggunakan standar terbuka, meskipun setiap jaringan akan memiliki sistem kurasi dan pemantauannya sendiri.

Baca Juga :   Cara Cari Cuan di TikTok

Setiap jejaring sosial yang menggunakan protokol adalah aplikasi yang terdesentralisasi (dAPP), dibangun di atas blockchain. Teknologi ini bertujuan untuk mencapai interoperabilitas, yakni kemampuan aplikasi dan sistem untuk secara aman dan otomatis bertukar data tanpa memandang batas-batas geografis, politik, atau organisasi.

Sama seperti Facebook, Instagram, WhatsApp, bahkan TikTok, aplikasi ini juga memungkinkan pengguna membuat beberapa profil berbeda untuk orang yang sama.

Berikut ini langkah-langkah membuat akun/profil BlueSky;

Pertama, unduh aplikasi BluSky lewat toko aplikasi di Android atau iOS. Anda juga bisa melakukan pendaftaran akun lewat website BlueSky di PC/laptop,

Setelah berhasil diunduh, buka aplikasi dan klik ‘Buat Akun Baru’,

Kemudian, Anda akan diarahkan untuk memasukkan alamat email yang aktif,

Langkah selanjutnya, Anda diminta untuk melengkapi data lainnya, seperti username, kata sandi, hingga tanggal lahir,

Setelah itu, akan muncul perintah untuk memverifikasi lewat email yang Anda tulis sebelumnya. Anda bisa membuka email dan memasukkan kodenya.

Setelah melakukan verifikasi, akun siap digunakan. Nantinya, username yang Anda tuliskan akan diikuti dengan ‘.bsky.social’, seperti contoh @surya.bsky.social. Setelah mengaktifkan akun, Anda juga bisa memilih minat dan akun yang ingin diikuti.

Baca Juga :   Gempa Banten Terasa di Sejumlah Wilayah Jawa Barat dengan Intensitas Berbeda, Berikut Jenis Ukuran Skala MMI Saat Gempa

(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *