Tips Aman Bermedia Sosial

Suryamedia.id – Hal yang perlu diutamakan dalam bermedia sosial adalah keamanan privasi dan konten. Anda yang memilih untuk membagikan hal-hal tentang diri Anda di sosial media, namun Anda perlu waspada jika ada hal-hal di luar kendali Anda.

Oleh sebab itu, perlu adanya pencegahan demi keselamatan pribadi Anda di dunia maya. Ketahui cara melaporkan, memblokir, dan memfilter konten-konten yang berbahaya. Berikut ini kami rangkum cara-cara menjaga keamanan diri di sosial media, dilansir dari berbagai sumber.

Personalisasikan pengaturan privasi Anda

Sesuaikan pengaturan privasi di akun dengan tingkat kenyamanan Anda, dan pilih opsi yang membatasi siapa yang dapat melihat informasi diri Anda. Pikirkan juga tentang aplikasi lainnya yang terkait, seperti yang menunjukkan aktivitas musik di Spotify atau video yang Anda lihat di YouTube.

Jeda sebelum Anda memposting

Sebelum Anda memposting, tanyakan pada diri sendiri apakah Anda merasa nyaman membagikan informasi ini kepada semua orang yang mungkin melihatnya. Konten yang berisi informasi pribadi atau keberadaan Anda secara real time dapat menimbulkan risiko keamanan. Bahkan konten yang dihapus terkadang dapat diakses oleh situs web atau melalui tangkapan layar dan dapat digunakan untuk tujuan jahat.

Baca Juga :   Tips Bagi Anda yang Ingin Mulai Berinvestasi  

Matikan lokasi

Banyak situs atau aplikasi media sosial yang meminta untuk mengakses lokasi Anda, namun dalam sebagian besar kasus, hal ini tidak diperlukan. Anda masih bisa mendapatkan hasil maksimal dari pengalaman media sosial tanpa membagikan lokasi secara real time.

Jika berbagi lokasi Anda penting, lakukan menandai lokasi tersebut sampai Anda pergi dari tempat tersebut. Selain itu, beberapa situs mungkin secara otomatis membuat informasi yang diberi geotag menjadi publik. Oleh sebab itu, lihatlah lebih dulu pengaturan privasi di situs untuk mengetahui pengaturan lokasi Anda.

Gunakan koneksi Internet pribadi

Hindari koneksi Wi-Fi publik, seperti yang ditawarkan di kedai kopi atau bandara saat menggunakan situs web yang meminta kata sandi. Batasi penggunaan media sosial Anda pada jaringan Wi-Fi pribadi atau gunakan data seluler Anda saja.

Minta orang lain izin sebelum memposting foto Anda

Pastikan orang-orang yang memiliki foto Anda mendapatkan izin lebih dahulu sebelum mempostingnya di publik. Beri tahu merektentang pendapat Anda mengenai berbagi konten yang mungkin berisi informasi identitas pribadi, seperti lokasi, sekolah, pekerjaan, atau foto Anda atau rumah Anda.

Baca Juga :   Threads Masih Kembangkan API Secara Lebih Luas

Lihat sebelum mengklik

Jika Anda mendapatkan pesan atau link yang terdengar mencurigakan dari teman melalui media sosial, sebaiknya jangan langsung mengkliknya. Akun teman Anda mungkin telah diretas, yang dapat menyebabkan semua orang di daftar kontaknya menerima spam. Jika Anda tidak yakin itu spam, coba hubungi orang tersebut dengan cara lain untuk menanyakan apakah dia bermaksud mengirimi Anda tautan tersebut.

Pilih kata sandi yang kuat

Hal ini dapat membantu melindungi dari seseorang yang mungkin mencoba masuk ke akun Anda karena alasan negatif seperti mengeposkan spam, meniru identitas Anda, atau menguntit. Selain memilih kata sandi yang kuat dan memperbaruinya, ingatlah untuk menyimpan kata sandi Anda di lokasi yang aman. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *