Makanan Ini Bisa Perparah Kram Perut Saat Haid

Suryamedia.id – Nyeri haid kadang tak bisa terhindarkan. Bahkan rasa nyeri karena menstruasi ini membuat wanita tidak nyaman dalam menajalankan aktivitasnya sehari-hari, terlebih pada hari pertama dan kedua.

Nyeri haid ini disebabkan oleh dinding rahim yang berkontraksi sehingga menekan pembuluh darah di sekitarnya. Nah, untuk mengurangi rasa nyeri atau kram perut menjelang atau saat sedang haid dapat dilakukan dengan menghindari jenis makanan yang dapat memicu rasa nyeri semakin menjadi-jadi.

Kafein

Dalam buku Prescription for Natural Cures, James F. Balch dan Mark Stengles menyebutkan makanan dan minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan the bisa memperparah gejala-gejala yang biasa muncul saat menstruasi.

Jika dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah yang bisa memperparah kram dan kembung saat menstruasi.

Baca juga: Tembus di Celana Saat Haid, Ini Cara Bersihkan Noda Darah

Garam

Makanan yang memiliki kandungan garam tinggi dapat meningkatkan gejala kembung dan berkumpulnya cairan pada pembuluh darah.

Lemak

Jumlah prostaglandin yang meningkat saat mengonsumsi makanan berlemak dapat membuat dinding Rahim berkontraksi dan memicu gejala kram sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman.

Baca Juga :   Coba 12 Tips Untuk Menjaga Kesehatan Mata

Jenis makanan berlemak tinggi dipercaya meningkatkan hormon estrogen dalam tubuh, sehingga saat menstruasi, kamu merasa nyeri pada payudara dan perut kembung.

Kandungan asam lemak jenuh tinggi seperti pada makanan cepat saji dapat mempengaruhi metabolisme progesteron dalam siklus menstruasi.

Baca juga: Makanan Ini Bisa Sebabkan Keracunan

Produk susu

Mengonsumsi makanan dan minuman olahan produk susu dapat memicu kram menstruasi. Hal ini karena produk susu biasanya mengandung asam arakidonat yang memicu kram.

Makanan kaleng dan olahan

Jenis makanan olahan dan makanan kaleng mengandung kadar sodium yang cukup tinggi yang membuat perut kembung saat menstruasi.

Selain itu makanan olahan yang mengandung lemak trans juga dapat memicu gejala sakit perut selama masa haid. Contoh makanan yang mengandung lemak trans adalah kentang goreng dan jenis cemilan gorengan lainnya. (*)

Baca juga: Bahaya Konsumsi Minuman Manis untuk Kesehatan

 

Artikel ini telah tayang di Mitrapost.com dengan judul “Makanan yang Seharusnya Dihindari Saat Menstruasi“.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *