4 Jenis Makanan yang Baik untuk Kucing Kampung

Foto: Ilustrasi/Pxhere.com

Suryamedia.id – Kucing, hewan berbulu berkaki empat ini banyak disayang-sayang oleh para manusia. Memelihara kucing juga memerlukan ketelatenan tersendiri, terlebih soal makanannya. Sebab beda jenis kucing memiliki preferensi yang berbeda juga. Jika dibandingkan, memberikan makanan pada jenis kucing kampung lebih mudah daripada ras kucing Persia, maine coon dan lainnya.

Pada dasarnya, kucing bisa diberikan makanan kering, makanan mentah, maupun makanan basah yang bisa didapatkan di petshop. Namun kamu juga bisa menyiapkan dan mengolah sendiri makanan untuk kucing kampung di rumahmu.

Campuran nasi dan ikan

Menu mudah dan murah yang bisa kamu berikan untuk si anak bulu itu adalah campuran nasi dan ikan. Namun, yang perlu diperhatikan adalah perbandingan nasi dan ikannya harus diperhatikan.

Nasi bukan makanan utama kucing. Perbandingan makananannya dapat diberikan dengan porsi 25% nasi dan 75% lauk.

Hal itu karena nasi mengandung glukosa yang dapat menyebabkan obesitas dan mencret jika terlalu sering dikonsumsi.

Baca juga:Empat Bahan Alami Cegah Kutu Bersarang di Bulu Kucing 

Baca Juga :   Makanan Ini Tak Baik Disimpan di Kulkas

Daging

Daging merupakan salah satu makanan utama kucing. Olah daging dengan cara direbus maupun digoreng, atau pun dihaluskan seperti bubur.

Daging ikan sangat bagus bagi kucing kampung karena kandungan vitamin E-nya. Berikan menu daging ikan dalam tiga kali seminggu agar kucing tidak rewel terhadap makanan lainnya.

Selain daging ikan, sosis yang terbuat dari daging sapi atau daging ayam juga bisa menjadi alternatif makanan untuk kucing.

Tempe dan tahu

Lauk yang terbuat dari kacang kedelai ini bisa menjadi alternatif makanan untuk si kucing pengganti nasi. Meski begitu, tempe dan tahu harus diolah terlebih dahulu dan dihaluskan. Jangan lupa untuk menyajikannya bersama lauk kucing.

Snack

Sekali-kali berilah kucing kampung menu camilan. Kamu bisa memberinya snack kucing yang biasa dimakan kucing ras Persia maupun anggora.

Selain makanan, yang perlu diperhatikan pagi pemelihara hewan bulu nan comel ini adalah kebutuhan air. Berilah kucing air mineral sebagai minuman setiap hari. Siapkan minuman kucing pada wadah agar sewaktu-waktu bisa diminum kucing kapanpun diperlukan. (*)

Baca Juga :   Sering Keramas Bisa Merusak Rambut, Kok Bisa?

Baca juga: Makanan Ini Bisa Perparah Kram Perut Saat Haid

 

Artikel ini telah tayang di Mitrapost.com dengan judul “Menu Makanan yang Cocok untuk Kucing Kampung”.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here