Sering Begadang ? Ini Tips Menghilangkannya

Sering Begadang Ini Tips Menghilangkan Kebiasaan Begadang
Sering Begadang Ini Tips Menghilangkan Kebiasaan Begadang

Begadang sudah menjadi bagian dari gaya hidup modern untuk sebagian orang, khususnya yang tinggal di perkotaan. Rasanya, waktu 24 jam dalam sehari tidak cukup untuk mengerjakan semua hal yang harus dilakukan baik tugas sekolah, kampus, maupun pekerjaan.

Sebenarnya, begadang tidak boleh sering-sering dilakukan. Hal ini dikarenakan tubuh memiliki keterbatasan dalam menanggung beban dari aktivitas sehari-hari. Maka dari itu, setiap orang perlu tidur yang cukup, setidaknya 6 – 9 jam (untuk orang dewasa).

Cara Mengurangi Kebiasaan Begadang

Kebiasaan begadang bisa berpengaruh pada fisik, salah satunya wajah yang lesu dan kantung mata yang hitam dan membesar, hipertensi, obesitas, dan penyakit lainnya. Sementara pengaruhnya pada psikis, yakni membuat kamu kesulitan berkonsentrasi, tidak bersemangat menjalani hari karena lelah, bahkan hingga depresi. Maka dari itu, berikut cara mengurangi kebiasaan begadang yang bisa kamu terapkan.

Hindari stimulan di sore hari

Stimulan seperti kafein dapat membuat Anda sulit tidur. Tidak hanya kopi, kafein juga terkandung dalam teh, cokelat, dan beberapa minuman ringan.

Ditambah lagi, kafein dapat menghambat efek adenosine, yaitu senyawa kimia otak yang membantu Anda tertidur. Maka dari itu, cobalah menghindari stimulan seperti kafein setelah jam 1-2 siang.

Komitmen untuk Hidup Teratur

Bila kamu ingin mengurangi kebiasaan begadang, langkah awal yang harus dilakukan, yakni dengan berkomitmen pada diri sendiri untuk hidup lebih teratur. Biasakan diri untuk bangun dan tidur pada jam yang sama setiap harinya. Pahami jika tubuh kamu perlu jam istirahat yang cukup karena pada jam tertentu tubuh perlu melakukan regenerasi dan detoksifikasi, di mana kedua hal tersebut bisa terjadi pada saat kamu tidur.

Baca Juga :   Memperingati Isra Miraj,  Kisah Nabi Muhammad Mendapat Perintah Salat 5 Waktu

Jauhi cahaya biru

Perangkat elektronik dan bola lampu hemat energi menghasilkan sesuatu yang disebut cahaya biru. Cahaya ini menyebabkan kita tidak bisa tidur di malam hari.

Selain itu, cahaya biru dari penggunaaan ponsel juga memiliki efek yang membuat kita ketagihan, dan ingin tetap terjaga selama 20-30 menit ekstra.

Jangan tidur siang terlalu lama

Tidur siang terlalu lama dapat membuat Anda sulit tidur di malam harinya. Jika memang Anda tidak bisa menahan kantuk di siang hari, cobalah batasi waktu tidur siang selama 15-20 menit saja.

Dengan begitu, kualitas dan jam tidur Anda di malam hari tidak akan terganggu.

Rutin olahraga aerobik

Rutin olahraga aerobik, seperti jalan kaki, joging, hingga berenang, dapat membantu Anda tidur lebih cepat dan nyenyak di malam hari. Namun, sebaiknya Anda jangan berolahraga beberapa jam sebelum tidur karena malah akan membuat Anda makin sulit terlelap.

Membaca Buku Setiap Malam

Mungkin tampaknya membaca buku bisa membuat Kamu tidur lebih lambat. Namun, faktanya beberapa studi menunjukkan bahwa aktivitas ini dapat mengurangi kadar stres, salah satu penyebab begadang. Membaca buku sebelum tidur bisa Kamu jadikan cara untuk menghilangkan kebiasaan begadang karena dapat membuat rileks.

Baca Juga :   Peringati Hari Kartini dengan Lagu Bertema Perempuan

Tidak Makan Sebelum Tidur

Sebisa mungkin hindari mengonsumsi makanan berdekatan dengan waktu tidur. Pasalnya, sistem pencernaan Kamu jadi harus bekerja, terutama ketika Kamu berbaring. Alhasil, Kamu akan sulit tidur atau tidur dengan kondisi tidak nyaman.

Buat jadwal tidur yang teratur

Memiliki jadwal tidur yang teratur dapat membantu Anda tidur lebih cepat di malam hari. Cobalah untuk tidur dan bangun di jam yang sama setiap harinya. Kebiasaan ini dipercaya dapat membantu Anda menghilangkan kebiasaan begadang.

Jangan sering melihat jam

Sering melihat jam dipercaya bisa membuat Anda tidak fokus untuk tertidur nyenyak. Cobalah untuk menaruh jam atau ponsel di tempat yang sulit dijangkau supaya Anda tidak tergoda untuk melihat jam.

Relaksasi tubuh dan pikiran.

Banyaknya pekerjaan yang belum terselesaikan,memang dapat membuat sulit tidur dimalam hari.nah,agar mendapat kualitas yang baik disaat pekerjaan belum terselesaikan adalah dengan relaksasi tubuh dan pikiran dengan mengehentikan sejenak aktivitas fisik dan otak.

Lakukan aktivitas menenangkan sebelum tidur

Cara menghilangkan kebiasaan begadang selanjutnya adalah melakukan berbagai aktivitas menenangkan sebelum tidur.

Ada banyak aktivitas yang bisa menenangkan tubuh dan pikiran Anda, seperti meditasi, mandi air hangat, mendengarkan lagu-lagu yang tenang, hingga meregangkan tubuh. Hindari aktivitas yang mengundang stres, seperti bekerja atau berdebat masalah perasaan dengan pasangan.

Baca Juga :   Manfaat Minyak Esensial Untuk Kesehatan

Rapikan kamar tidur

Jadikan tempat tidurmu menjadi tempat ternyaman,yaitu dengan menjaganya tetap rapi dan nyaman.dengan membiasakan diri dan selalu membersihkan kamar.Keinginan untuk selalu menjaga Kesehatan tidak akan pernah kamu lupakan.

Memprioritaskan tidur

Kurang tidur juga bisa terjadi karena Anda terlalu cuek dengan jam tidur. Artinya, saat sudah memasuki waktu tidur dan mulai mengantuk, Anda masih sibuk melakukan aktivitas lain.

Oleh sebab itu, salah satu cara mengatasi kurang tidur adalah mulai memprioritaskan waktu beristirahat pada malam hari ini. Anda bisa memulainya dengan tidur setiap hari pada jam yang sama.

 

Tak hanya itu, Anda perlu memahami batasan dalam bekerja maupun berkehidupan sosial. Kedua hal ini biasanya menjadi faktor penyebab Anda mengalami kurang tidur.

Mengonsumsi obat-obatan

Jika kondisi Anda sudah tergolong parah dan tidak bisa diatasi hanya dengan cara-cara tersebut di atas, periksakan kondisi kesehatan ke dokter. Biasanya, dokter akan meresepkan obat-obatan yang bisa membantu Anda untuk tidur.

Berikut adalah beberapa obat yang mungkin akan dokter resepkan:

Eszopiclone (Lunesta).

  • Trazodone (Desyrel).
  • Zaleplon (Sonata).
  • Ramelteon (Rozerem).
  • Zolpidem (Ambien).

Itulah Tips Menghilangkan Kebiasaan Begadang. Tidak apa begadang sesekali untuk mengerjakan apa yang diperlukan. Tapi, jangan jadikan begadang bagian dari rutinitas harian Anda. Dapatkan tidur malam yang cukup untuk meraih produktivitas yang optimal agar Anda tidak perlu lagi begadang semalam suntuk.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here