12 Tips Menjadi Remaja Yang Berprestasi Dan Kualitas, Wajib Di Coba !

Tips Menjadi Remaja Yang Berprestasi Dan Kualitas
Tips Menjadi Remaja Yang Berprestasi Dan Kualitas

Menjadi remaja yang berkualitas dan berprestasi, menjadi impian semua orang.Dengan menjadi remaja yang berprestasi, orang tua kita pasti bangga atas pencapaian kita. Namun, mencoba berkomitmen mengubah diri menjadi seorang remaja yang berprestasi dan produktif tentunya tidak mudah dilakukan. Kita membutuhkan komitmen dan usaha keras agar bisa disebut sebagai remaja sukses yang berprestasi. Tidak usah bersedih jika itu sulit untuk dilakukan. Lebih baik kalian melakukan tips tips dibawah ini, agar bisa berubah menjadi remaja yang  berkualitas dan berprestasi.

Remaja Yang Berprestasi

1. Cari teman yang tepat

langkah pertama jika ingin menjadi remaja yang berkualias dan berprestasi,Kalian jangan sampai memilih teman. Jika kalian memilih teman yang tepat juga memengaruhi prestasi kalian. Jika kalian dikelilingi teman yang sama sama suka dalam berkompetensi,kalian juga akan selalu termotivasi menjadi lebih baik. Cari teman yang bisa kalian andalkan juga ya.

2. Gunakan waktu luang untuk melakukan hal yang bermanfaat.

Jika kalian memiliki waktu luang,gunakan waktu itu untuk membaca,belajar,dan mecari informasi atau wawasan disekitar anda. Buku yang bisa kalian baca adalah buku motivasi,karena pada masa ini kalian akan mencari jati diri. Wawasan yang terdapat dalam buku yang kalian baca bisa jadi menjadi motivasi untuk menjadi remaja yang lebih baik.

Baca Juga :   Perhatikan Tanda Gejala Penyakit Menular Seksual

3. Prioritaskan pendidikan

Saat remaja tentunya banyak hal yang harus dipikirkan terutama masalah pendidikan. Menjadi seorang yang berprestasi di biang pendidikan tentunya memerlukan usaha yang keras dengan cara rajin dan giat dalam belajar. Bukan hanya dibidang pendidikan saja yang dapat berprestasi di bidang non akademik juga bisa. Kita dapat melatih kemampuan. Misalnya dibidang olahraga maka kita dapat mengikuti ekstra yang mendukung di bidang tersebut.

4. Rajin beribadah

Menjadi remaja berkualitas dan berprestasi,kalian juga harus rajin beribadah.Dengan beribadah, hidup kamu menjadi lebih terarah. Dan menjauhkanmu dari segala hal hal yang buruk, seperti tawuran, minum minuman beralkohol dan lain lain. Beribadah juga menjadikan jiwa tenang.b Dengan ketenangan jiwa, kamu akan bisa memilih yang baik dan mana yang buruk,yang dapat menunjang kesuksesanmu dimasa depan.

 

5. Lakukan hobi positif

Jika kamu memiliki hobi yang positif, lakukan dan lanjutkan hobi tersebut.Dari hobi, kemungkinan besar kamu akan dapat menemukan passion-mu dengan mudah. Jika kamu sudah mampu menemukan passion, maka jalan suksesmu akan terbuka lebar karena kamu tahu betul bidang apa yang kamu kuasai dan dapat menunjang kesuksesanmu di masa depan

6. Proaktif

Menjadi remaja yang berkualitas dan berprestasi, kamu juga harus aktif,jangan bermalas-malasan.Jika mendapatkan kesempatan untuk unjuk prestasi,tunjukkanlah jangan ragu dan malu.

Jika mendapatkan masalah,kamu juga harus bisa menyelesaikan masalah tersebut.Jangan menghilang dari masalah,Karena setiap permasalahan pasti akan mendapat jalan keluarnya.

Baca Juga :   Cara Atasi Kulit Tangan Kering, Lakukan Hal Ini

7. Hidup Sehat

Jangan sekali-kali mencoba narkoba atau minuman keras jika kamu ingin menjadi remaja yang keren dan berprestasi. Narkoba dapat menyebakan kecanduan dan merusak organ tubuh. Banyak remaja yang mati sia-sia dan masa depannya hancur akibat narkoba.

8. Sopan kepada orang tua dan guru

Mereka selalu berusaha membantu agar kamu berhasil meraih yang terbaik. Tunjukkan respek dan hargai pendapat mereka meskipun adakalanya mereka membuatmu kesal. Ingatlah bahwa hal ini terjadi karena mereka peduli kepadamu dan berharap kamu meraih kesuksesan. Alih-alih menentang nasihat guru atau orang tua, jalinlah relasi yang baik dengan mereka. Belajarlah bersosialisasi dari sekarang sebab setelah dewasa, kamu harus pandai berinteraksi dengan atasan dan bawahan. Jadi, belajarlah menghargai orang tua dan guru sejak saat ini.

9. Nikmati hidup yang bahagia

Masa remaja sangat singkat dan tanpa terasa, kamu sudah menjadi orang dewasa. Alih-alih menyesal dan berkata, “Kalau saja aku sudah melakukan hal ini sejak masih muda”, beranikan diri untuk mengambil risiko dan jalani hidup sebaik mungkin! Jangan sia-siakan waktu dan nikmati hidup selagi masih ada kesempatan.

10. Lakukan aktivitas

Bergabunglah dalam tim olahraga di sekolah atau di luar sekolah. Biasakan berlatih lari atau berjalan kaki di lingkungan perumahan. Berolahragalah dengan bergabung dalam kelas yoga, berenang di pusat rekreasi terdekat, melakukan sit up saat menunggu tayangan iklan di TV, dll. Cara tersebut bermanfaat secara fisik dan mental. Studi menunjukkan bahwa orang-orang yang terbiasa melakukan aktivitas sejak kecil/remaja cenderung lebih aktif di usia dewasa. Jadi, mulailah beraktivitas sejak hari ini.

Baca Juga :   5 Gunung Yang Menyimpan Kisah Mistis

11. Me Time

Me time atau waktu berkualitas untuk diri sendiri juga harus disediakan minima seminggu sekali. Setelah sebuk beraktivitas kita tetap menerima reward dengan memiliki waktu libur dan istirahini Gunakan waktu me time itu untuk melakukan segala aktivitas yang disukai misalnya dengan mengerjakan hobi atau dengan bersantai dengan diri sendiri. Dengan begitu dapat menjauhkan dari stress akibat kegiatan sehari-hari yang berat dan padat.

12. Inisiatif

kemampuan inisiatif adalah melakukan sesuatu atau bekerja tanpa harus diberi tahu terlebih dahulu apa yang harus dilakukan.Secara sederhana, seseorang dengan kemampuan ini sudah pasti banyak akal atau resourceful. Dengan kemampuan ini, seseorang tidak akan pernah berhenti belajar dan terus berusaha untuk mengembangkan dirinya.misalnya saat belajar disekolah susah dimengerti maka haus berinisiatif untuk belajar secara berkelompok agar dapat saling membantu. Atau juga dapat mengambil inisiatif untuk memperbanyak skill atau kemampuan diri sendiri.

Itu dia tips tips menjadi remaja yang berkualitas dan berprestasi.Hal terpenting yang perlu kamu lakukan adalah konsistensi,tanpa konsistensi semuanya akan sia sia. Jangan takut untuk meminta bantuan orang lain dalam proses evaluasi ini untuk mendapatkan penilaian yang objektif. Pastikan bahwa keputusan terakhir tetap berada di bawah kendali diri sendiri. Setelah evaluasi dilakukan, buatlah keputusan mengenai kegiatan yang telah dilakukan.Selalu semangat dan jangan putus asa ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here