Utamakan Keselamatan! Berikut Tips Aman Berkendara Saat Hujan

Suryamedia.id – Sebagian wilayah Indonesia saat ini sudah memasuki musim penghujan, sehingga wajar jika curah hujan menjadi lebih tinggi akhir-akhir ini. Namun, curah hujan tinggi dan cuaca buruk juga dapat memicu kekhawatiran, apalagi saat berkendara.

Jalan licin dan pandangan yang terbatas akibat hujan sering kali menjadi faktor-faktor penyebab kecelakaan di jalan raya. Selain itu, perilaku pengemudi yang tidak menerapkan kedisiplinan berlalu lintas juga menjadi ancaman serius saat berkendara di musim hujan.

Oleh sebab itu, alangkah lebih baik jika Anda mempersiapkan beberapa hal sebelum berkendara untuk memperkecil risiko kecelakaan dan meningkatkan keamaan saat mengemudi di tengah hujan. Dilansir dari beberapa sumber, berikut beberapa tipsnya!

Menunggu cuaca lebih baik

Jika memungkinkan untuk menunda perjalanan karena tiba-tiba hujan deras, maka lakukanlah. Anda bisa mulai berkendara saat hujan sudah reda atau tidak terlalu deras. Berkendara saat cuaca lebih baik bisa menurunkan tingkat kecemasan Anda, serta mengeliminasi risiko kecelakaan seperti terbatasnya pandangan di jalan raya.

Baca Juga :   Jangan Mudah Tertipu! Berikut Tanda-tanda Lowongan Kerja Bodong

Periksa perlengkapan berkendara

Jika diharuskan berkendara saat hujan, pastikan setiap komponen kendaraan Anda berfungsi dengan baik. Periksa lamp usen, lampu belakang, lampu depan, wiper, ban, rem dan sebagainya saat mengemudi. Sementara itu, jika Anda berkendara dengan motor, pastikan pula setiap perlengkapan sudah dikenakan, seperti jas hujan, helm, sarung tangan kulit, hingga sepatu boots. Pemeriksaan ini bisa memperkecil risiko kecelakaan fatal.

Berkendara di batas kecepatan atau lebih lambat

Saat berkendara dalam kondisi hujan, pastikan Anda mengemudi di batas kecepatan yang disarankan saat hujan. Anda juga bisa mengemudi lebih lambat dari biasanya karena jalan yang basah bisa sangat berbahaya. Waktu reaksi kendaraan Anda jauh lebih lambat saat hujan, sehingga mengurangi kecepatan sangat penting saat hujan turun.

Jaga jarak aman

Tips selanjutnya adalah jaga jarak aman antara kendaraan Anda dengan kendaraan lainnya di jalanan. Hal ini untuk mengurangi risiko bersenggolan dan jatuh saat jalan licin karena hujan. Ini juga menghindari kecelakaan beruntun di jalan raya.

Baca Juga :   Berikut Prodi yang Banyak Diminati di Jalur Seleksi Mandiri Unnes

Hati-hati terhadap genangan air

Saat mengemudi di tengah hujan, usahakan untuk fokus pada jalanan di sekitar Anda. Berkendara dengan batas kecepatan, hindari genangan air dan jangan berbelok tiba-tiba.

Sediakan P3K

Memiliki perlengkapan keselamatan di dalam mobil atau di bagasi kendaraan sangat disarankan untuk mengatasi masalah kesehatan ringan atau cedera saat bepergian. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Menarik Dibaca