Sejarah Hari Kartini yang Diperingati Setiap Tanggal 21 April

Suryamedia.id – Esok hari, tepatnya tanggal 21 April 2023 akan diperingati sebagai Hari Kartini. Adapun Hari Kartini diperingati setiap tahunnya untuk menghargai jasa pahlawan wanita yang memperjuangkan emansipasi wanita pribumi, yakni Raden Ajeng (RA) Kartini.

Berikut kami rangkum sejarah dan pentingnya memperingati Hari Kartini setiap tanggal 21 April.

Sejarah Hari Kartini

Hari Kartini diperingati setiap tanggal 21 April berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 108 Tahun 1964 yang ditandatangani tanggal 2 Mei 1964. Dalam keputusan ini pula ditetapkan bahwa Kartini merupakan salah satu pahlawan kemerdekaan nasional.

RA Kartini adalah perempuan yang berjasa dalam memperjuangkan kesetaraan gender antara kaum laki-laki dan perempuan. Kesetaraan ini ditujukan agar perempuan mendapatkan hak-haknya dalam pendidikan dan aspek kehidupan lainnya.

Di masa kehidupannya saat masa penjajahan dulu, RA kartini melihat ketidakadilan yang dialami oleh kaum perempuan. Mereka tidak memiliki kesempatan yang sama untuk mengenyam pendidikan yang layak. Apalagi, saat itu, perempuan juga kental dengan adat yang hanya berputar pada ‘macak (berhias), masak (memasak), dan manak (menghasilkan keturunan).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *