Mengenal Hubungan Parasosial yang Terjadi Pada Kpop

Suryamedia.id – Publik sempat heboh dengan perilaku fans yang membela idolanya dengan mengatakan ia anak pejabat dan akan melaporkan perilaku penghinaan terhadap idolnya.

Hal semacam ini tentu bukan sekali dua kali. Para fandom Kpop juga diketahui sering terlibat perselisihan karena tidak suka idolanya dihina.

Hubungan parasosial sendiri adalah fenomena psikologi di mana hubungan satu arah tercipta ketika seseorang mencurahkan energi emosional, minat, waktu, dan tenaganya kepada sosok yang ia lihat di media, meskipun sosok tersebut mungkin tidak tahu keberadaan dirinya.

Setiap fan dari seorang public figure yang berada di hubungan parasosial ini tidak bisa seutuhnya dianggap negatif tapi bisa menjadi berbahaya kalau melewati batasan yang wajar.

Istilah ini sebetulnya pertama kali dicetuskan oleh antropolog Donald Horton dan sosiolog Richard Wohl pada tahun 1956 saat mereka meneliti interaksi penikmat media massa yang menganggap diri mereka punya hubungan sosial dengan sosok yang mereka lihat di media.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *