Berapa Formasi CPNS 2024? Simak Informasi Berikut!

Suryamedia.id – Pemerintah telah umumkan tentang rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2024 yang kemungkinan akan dibuka pada Maret atau April 2024 mendatang. Hal ini sesuai dengan pernyataan dari Abdullah Azwar Anas selaku Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) beberapa waktu lalu.

“Bulan ini kan tidak otomatis langsung direkrut. Kan ada proses pengumuman, proses A, B, C, D. Bisa jadi Maret atau April baru (dibuka seleksi),” ungkapnya, dikutip dari Detik.

Lebih lanjut, ia juga mengatakan bahwa pemerintah daerah dan kementerian/lembaga terkait harus menghitung kebutuhan formasi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) lebih dulu.

“Ini kita umumin dulu segini, nah, nanti pemda daerah mana usulan mu? Ini lho, kita siapin ada formasi PPPK sama ada CPNS fresh graduate. Contoh, oh, ternyata dari PPPK nya tidak ada talenta digital, nah, silahkan ngusulin,” lanjut MenPAN-RB Azwar Anas.

Berapa formasi CPNS 2024?

Formasi untuk CASN 2024 mencapai 2,3 juta. Berdasarkan laman PANRB, ada 429.183 formasi yang terdiri dari 207.247 CPNS dan 221.936 PPPK untuk instansi pusat.

Baca Juga :   Link Jadwal, Lokasi dan Persiapan Tes SKD CPNS Kejaksaan 2023

Sementara itu, untuk instansi daerah mencapai 1.867.333 formasi, terdiri dari 483.575 CPNS dan 1.383.758 PPPK. Sedangkan untuk sekolah kedinasan sebesar 6.027 formasi. Totalnya formasi untuk CPNS 2024 mencapai 690.822.

Anas juga mengatakan bahwa fresh graduate akan mendapatkan peluang tinggi dalam CPNS 2024 dan nantinya sebagian besar akan dialihkan ke IKN.

Bagaimana cara pendaftaran CPNS 2024?

Pertama, masuk situs resmi SSCASN di sscasn.bkn.go.id. Kemudian, buat akun dengan menggunakan nomor induk kependudukan (NIK) dan login dengan NIK sebagai username dan password.

Langkah selanjutnya, lengkapi biodata dan pilih jenis seleksi formasi instansi, serta jabatan sesuai pendidikan.

Setelah itu, unggah dokumen persyaratan dan periksa kembali semua yang harus diunggah.

Cetak kartu informasi dan kartu pendaftaran, kemudian tunggu verifikasi dokumen pelamar.

Jika seleksi administrasi dinyatakan lulus, cetak kartu ujian di akun SSCASN

Apa saja dokumen syarat pendaftaran CPNS 2024?

Kartu keluarga

Kartu tanda penduduk (KTP) atau surat keterangan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil

Ijazah

Baca Juga :   Ketua DPRD Pati Ingatkan Elit Politik untuk Tetap Sejuk dan Kondusif Terkait Pilkada 2024

Transkrip Nilai

Pas foto

Swafoto/selfie

Dokumen lain sesuai dengan ketentuan jenis seleksi dan instansi yang akan dilamar. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *