Beda Warna, Beda Rasa, Berikut 5 Jenis Beras dari Berbagai Negara

Suryamedia.id – Nasi yang berasal dari beras merupakan makanan pokok sebagian besar orang di beberapa negara, khususnya Asia. Tak hanya beras putih dan merah, ternyata ada berbagai macam jenis beras dari berbagai negara. Beras-beras tersebut memiliki aroma khas, bentuk, warna, dan manfaatnya sendiri saat dikonsumsi.

Dikutip dari Halodoc, beras umumnya memiliki nutrisi berupa karbohidrat yang jumlahnya hampir 80 persen dari total berat keringnya. Selain itu, bahan makanan tersebut juga mengandung protein, serat, vitamin, dan mineral. Berbagai macam gizi yang terkandung tersebut yang membuat nasi dari beras menjadi makanan yang penting untuk sumber energi.

Dikutip dari Tempo, berikut merupakan beberapa jenis beras yang perlu anda ketahui;

Arborio

Beras ini berasal dari Italia. Bahan makanan tersebut memiliki ciri berbutir pendek hingga sedang yang biasanya digunakan untuk membuat risoto dan asopao. Beras jenis ini memiliki tampilan bening dan bagian tengahnya berwarna putih. Bagian luar beras arborio akan melunak saat dimasak, menyerap cairan beraroma dan melepaskan pati.

Baca Juga :   Sunah-Sunah Sebelum Tidur dalam Islam

Basmati

Beras jenis ini menjadi bahan menu masakan India, Pakistan, Nepal, dan daerah Mediterania. Beras Basmati memiliki butir panjang, aroma harum menyerupai bunga, rasanya mirip kacang-kacangan, dan teksturnya tidak pulen. Tekstur pera tersebut sangat cocok dibalur kuah kari.

Beras hitam

Jenis ini biasa disebut dengan ketan hitam. Beras hitam memiliki bentuk sedang dan pendek, serta mengandung asam amino, asam lemak, antioksidan, flavonoid, antosianin, dan senyawa fenolik lainnya. Beras ini banyak tumbuh di kawasan Asia Tenggara. Beras hitam ini memiliki rasa yang gurih dan chewy, sehingga sangat cocok dicampur dengan santan dan gula.

Carolina gold

Jenis carolina gold merupakan beras yang dilestarikan oleh orang-orang Gullah Geechee, keturunan asli Afrika Barat. Saat dimasak, beras tersebut mengeluarkan aroma seperti kacang panggang. Biasanya, beras Carolina gold digunakan sebagai bubur, pilau, purloo, dan nasi jollof.

Jasmine rice

Beras melati atau yang juga disebut sebagai jasmine rice merupakan ekspor utama negara Thailand. Beras tersebut memiliki aroma harum dan manis setelah dimasak. Beras melati memiliki butiran lebih panjang dengan kandungan amilopektin lebih tinggi yang membuat teksturnya sedikit lengket dan empuk. Beras ini cocok jika disajikan sebagai bubur, pelangkap tumisan, ikan goreng, hingga kari Thailand serta saus sambal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *