Dewan Pati Ingatkan Pentingnya Taman Baca di Desa 

Pati, Mitrapost.com – Muntamah selaku Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati menyatakan bahwa keberadaan taman baca di desa sangat penting untuk meningkatkan literasi baca masyarakat. Harapannya, agar buku tak lagi menjadi benda asing bagi masyarakat desa.

Oleh karena itu, Muntamah sangat mengapresiasi taman baca yang sudah berdiri khususnya di desa. Karena hal itu berarti, desa yang memiliki taman baca sendiri memang aktif dalam dunia literasi baca.

“Adanya taman bacaan di beberapa tempat di Kabupaten Pati itu sangat bagus, apalagi bacaan tersebut tersebar di desa,” ujarnya saat dikonfirmasi melalui saluran telepon belum lama ini.

Dalam hal ini, Muntamah selaku politisi dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mengharapakan agar taman baca yang berada di desa harus tetap dilanggengkan. Karena sangat dibutuhkan anak-anak sekitar untuk mengakses bacaan.

Kemudian, Muntamah menjelaskan bahwa literasi harus dipupuk. Karena adanya gadget sangat berdampak kepada rasa ingin tahu anak terhadap dunia baca.

“Taman bacaan harus tetap dilanggengkan, supaya tingkat literasi menjadi lebih baik. Karena dengan adanya gadget anak-anak kalau dikasih bacaan cenderung menolak dan lebih fokus kepada gadgetnya,” jelasnya.

Baca Juga :   Syarat dan Cara Daftar BPJS Kesehatan di MPP Pati

Lebih lanjut, Muntamah menjelaskan bahwa membaca merupakan kegiatan mengolah pikiran menjadi lebih kritis. Dengan membaca lama kelamaan akan berdampak kepada minat tulis anak.

“Dengan literasi akan menumbuhkan minat menulis (untuk) anak. Tidak akan bisa menulis tanpa adanya membaca (dulu),” paparnya. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *