Hadiah Doa untuk Orang yang Telah Meninggal

Baca juga: Romantisasi Alam, Doa Saat Matahari Terbenam

Al-Fatihah

Atau jika orang yang dirindukan adalah kerabat, teman, atau guru maka membacakan surat Al Fatihah bisa juga menjadi penawar rindu.

Tahlil

Membaca kalimat tahlil لاَإِلَهَ إِلاَّ اللهُ juga baik untuk mengobati rindu. Bacalah kalimat tahlil tersebut sebanyak-banyaknya hingga hati merasa lebih tenang dan tidak gelisah karena menahan rindu.

Surat Yasin

Dalam rangkaian tahlil, membaca surat Yasin menjadi kebiasaan umat Islam yang dibacakan kepada orang telah meninggal.

Baca juga: Doa Agar Terhindar dari Hal Buruk

Ziarah

Rangkaian terakhir saat merasa kangen kepada orang yang telah wafat adallah dengan berziarah, mendatangi tempat dimana ia dikuburkan dengan melantunkan doa serta tahlil.

Doa merupakan hadiah yang dapat diberikan orang yang masih hidup kepada orang yang telah meninggal. Hal seperti dalam hadis yang diriwayatkan oleh Ad-Dailami, yang artinya:

“Seorang mayat dalam kuburnya seperti orang tenggelam yang sedang meminta pertolongan. Dia menanti-nantikan doa ayah, ibu, anak, dan kawan yang ia percaya. Apabila doa itu telah sampai kepadanya, itu lebih ia sukai daripada dunia seisinya. Dan sesungguhnya Allah SWT menyampaikan doa penghuni dunia untuk ahli kubur sebesar gunung. Adapun hadiah orang-orang yang masih hidup kepada orang-orang yang sudah meninggal ialah memohon istighfar kepada Allah SWT untuk mereka dan bersedekah atas nama mereka.” (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *