Inovasi Pakan Ternak Fermentasi Mulai Diterapkan Peternak kambing di Tegal

Pada proses pembuatannya pun juga aman dengan tambahan cairan untuk fermentasi yang telah dicampurkan dengan bahan-bahan rerumputan dan sebagainya. Selanjutnya, disimpan dalam tabung kedap udara. Setelah beberapa hari, tabung bisa dibuka, dan pakan fermentasi sudah bisa diberikan untuk ternak.

Diungkapkan drh. Kristiyani, mengingat lahan rumput juga terbatas, apalagi Kota Tegal wilayah perkotaan, pakan ternak fermentasi bisa menjadi solusi. Dengan begitu, peternak tidak dibingungkan lagi untuk mencari rerumputan. Pada hewan ternak juga tidak memiliki efek apapun.

Namun biasanya, kesulitan pemberian pakan ternak fermentasi saat awal atau pertama kali diberikan kepada hewan ternak. Biasanya pada masa peralihan ini, dari pakan rerumputan hijau beralih ke pakan fermentasi, hewan akan mengalami penurunan nafsu makan. Namun, kondisi tersebut tidak berlangsung lama. Nantinya, secara perlahan hewan ternak akan mulai memakan pakan tersebut.

Ditambahkan drh. Kristiyani bahwa yang perlu diperhatikan pada pembuatan pakan fermentasi adalah kandungan nutrisi pada bahan-bahan yang akan dibuat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *